Perkembangan TV Digital

 1) Cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa?

    TV Digital merupakan penerapan teknologi digital terkini untuk menyediakan lebih banyak saluran tv, dengan kualitas gambar maupun suara yang jauh lebih baik. Sejumlah Negara di dunia termasuk Indonesia telah melakukan migrasi besar - besaran dari analog ke digital.

    Siaran TV Digital ini berisi sejumlah channel yang beroperasi secara Free To Air, sehingga kita tidak dikenakan biaya atau bayaran untuk menonton acara tersebut. Apalagi perpindahan nya cukup mudah dengan memakai antena biasa.

Keunggulan frekuensi digital dibandingkan dengan analog :

  • Kualitas gambar maupun suara jernih, bersih dan stabil dengan resolusi yang lebih tajam ketimbang analog. Rata - rata provider menyediakan tayangan Standar Definition (SD) hingga High Definition (HD), dibekali audio berupa Surround Sound (Dolby Digital TM).
  • Memiliki daya tahan yang baik terhadap gangguan interferensi (interaksi antar gelombang dalam satu wilayah, dapat bersifat membangun atau merusak).
  • Mudah dilakukan proses perbaikan terhadap sinyal yang rusak akibat proses pengiriman atau transmisi.
  • Spektrum digital lebih efisien sehingga mampu menampung lebih banyak channel televisi.
  • Tontonan bersifat gratis tanpa biaya bulanan sehingga menghemat pengeluaran kita.
  • Pengaplikasian nya praktis dan sederhana, hanya perlu mengganti Booster (penguat sinyal) UHF dengan STB DVB-T2 saja.
  • Beberapa Set Top Box bersifat multifungsi yang mampu merekam acara televisi atau sebagai multimedia player (pemutar foto, movie dan lagu).

    Salah satu kekurangan dalam penerapan siaran tv digital yaitu luas wilayah Indonesia yang besar, dimana cakupan sinyal masih belum merata ke seluruh negeri. Dibutuhkan infrastruktur dan sarana yang memadai agar frekuensi tv digital tersebut dapat sampai di daerah terpencil.

Berikut langkah - langkah cara mendapatkan siaran tv digital dengan menggunakan antena biasa : 

  • Pasang antena di luar ruangan, kalau perlu dengan tiang tinggi. Tujuannya agar kualitas sinyal lebih bagus. Seperti kita ketahui sinyal digital ini belum merata, arahkan antena ke kota terdekat dimana transmisi berada. 
  • TV tertanam tuner, tinggal pasangkan kabel dari antena langsung ke port di belakang TV.

    TV dengan STB DVB-T2, pasangkan kabel antena ke STB lalu pasangkan kabel RCA (atau HDMI) dari STB ke TV. 

  • TV tertanam tuner, nyalakan televisi lalu masuk menu > program > pencarian channel > digital.

    TV dengan STB DVB-T2, nyalalakan televisi dan STB. Pindahkan siaran dari mode TV ke AV dengan remot TV. Ganti ke remot STB lalu masuk instalasi > pencarian channel.

  • Tunggu beberapa menit hingga proses scan selesai.
    Mayoritas kota di Indonesia mungkin hanya mendapatkan 4 channel dari TVRI yaitu TVRI Nasional, TVRI Sports, TVRI 3 dan TVRI Daerah setempat. Selain itu kadang dapat Metro TV serta kanal Trans (TransTV, Trans7 dan CNN). 
 
2) Apa yang dimaksud dengan penyiaran simulcast?
 
    Simulcast adalah penyiaran program atau acara di lebih dari satu media, atau lebih dari satu layanan di media yang sama, pada waktu yang sama (yaitu secara bersamaan). Misalnya, Absolute Radio disiarkan di radio AM dan di radio satelit. Demikian juga, konser-konser Prom dari BBC sebelumnya disiarkan di BBC Radio 3 dan BBC Television. Contoh penggunaan lainnya adalah transmisi lagu tema film asli atau serial TV melalui radio lokal atau Internet, dengan siaran televisi yang telah dialihsuarakan ke bahasa lokal.  

Refrensi :
- https://sabiru.com/siaran-tv-digital/
- https://www.wajanterbang.com/2020/04/cara-mendapatkan-siaran-tv.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/Siaran_simultan

Nama : Syahrul Vitra Pratama
NPM : 56419231
Kelas : 2IA21

Comments