GAME ENGINE & SCENE GRAPH

 GAME ENGINE & SCENE GRAPH

Game Engine

Game engine adalah sebuah set komponen yang rumit dimana menyediakan banyak fitur yang sangat berguna dalam membuat game. Tidak seperti framework development biasanya, game engine dibuat khusus untuk membuat game dan memiliki semua komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat game.

Game engine memberikan kemudahan bagi pengembang permainan karena menyediakan fungsi-fungsi inti dari sebuah permainan, misalnya grafika (menghasilkan grafika 2-dimensi atau 3-dimensi), fisika (menghitung dan menyimulasikan hukum-hukum gerak dan hukum fisika lainya), audio, atau kecerdasan buatan.

Sebuah game engine dapat digunakan untuk membuat lebih dari satu permainan, dan pengembang permainan dapat mengoptimisasi proses pengembangan dengan cara menggunakan atau mengadaptasi game engine yang telah ada sebelumnya.

Banyak elemen pendukung  dalam sebuah game, seperti sound musik, background musik, hingga logika-logika kecerdasan buatan (AI).

Elemen-elemen pendukung Game engine  terdiri dari beberapa sub engine.

  • Logika game
    Logika game biasanya di tuliskan dengan script dalam berbagai macam bahasa pemograman.
  • Sound Engine
    Sound engine adalah sub engine untuk menambahkan elemen suara kedalam game.
  • Physics Engine
    Physics Engine adalah engine untuk mengimplentasikan kecerdasan buatab dalalm game
  • Rendering engine
    Rendering engine dalah sub engine untuk merender elemen grafis dari game yang sudah dibuat.

Alat dan program saat ini semakin memudahkan untuk memulai pengembangan game. Sebagian besar game engine sudah dilengkapi oleh fitur drag and drop yang membantu developer untuk membuat berbagai komponen dalam game.


Scene Graph

Scene Graph adalah suatu komponen penting dalam pengembangan game engine. Scene graph berisi semua hal-hal tentang geometri dan grafik pada suatu game. Scene graph berguna untuk mempresentasikan translasi, rotasi dan pengaturan skala dari suatu objek dengan objek yang lain. Misalnya dalam komponen suatu objek, saat ingin memindahkan komponen tersebut dengan cara merotasikannya, dengan adanya scene graph, kita bisa memindahkan objek tersebut sesuai dengan grafik dan graph untuk memposisikannya dengan benar. Hal itu membuat perhitungan hal-hal seperti itu akan lebih mudah.

Konsep scene graph adalah inti dari Java 3D. Scene graph adalah diagram yang merepresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari akar dunia virtual dan berisi transformasi dan geometri untuk mendefinisikan objek di dunia virtual. Secara garis besar, ada tiga langkah dasar untuk membuat objek 3D, yaitu:

  • Menciptakan objek canvas 3D
  • Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph
  • Menciptakan sebuah scene graph

 Ogre 3D

Objected-Oriented Graphics Rendering Engine (disingkat OGRE) adalah mesin rendering 3D berorientasi objek dan fleksibel di atas mesin permainan yang menggunakan utilitas grafis 3D berakselerasi perangkat keras yang ditulis dalam bahasa C ++. Ini dirancang untuk membuat mudah untuk mengembangkan aplikasi produksi. Ringkasan OGRE menggunakan pustaka sistem seperti Direct3D dan OpenGL untuk menyediakan antarmuka dasar ke dunia objek dan kelas objek tingkat yang lebih tinggi.

OGRE digunakan untuk rendering saja. Artinya, fungsi OGRE hanya menangani kelas vektor dan MatOix, manajemen memori, dan sebagainya. Ini bukan solusi unik dalam hal pengembangan/simulasi game. OGRE tidak mendukung audio / fisika.

Unity

Unity3D adalah perangkat lunak pengembangan game. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Pengembang game ini sangat mudah digunakan dan memiliki GUI yang memudahkan dalam membuat dan mengedit skrip untuk membuat game 3D. Unity dapat digunakan tidak hanya untuk membuat game PC, tetapi juga untuk membuat konsol game untuk Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, Ipad, iPhone, Android, dan lainnya. Namun, masing-masing memerlukan biaya lisensi sendiri. Unity mirip dengan mesin game Blender, tetapi lebih ringan dan lebih terintegrasi ke dalam adegan grafis.

Game Maker

Game Maker adalah perangkat lunak yang membantu Anda menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding. Ini dapat digunakan untuk membuat 3D dan multiplayer. GameMaker memberi Anda hak penuh atas perangkat lunak (game) yang Anda buat, termasuk kemampuan untuk menjual game. Anda juga dapat mengunduh musik, efek suara, gambar, script, dan background.

Processing

Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.


Nama    : Syahrl Vitra Pratama

Kelas    : 3IA21

NPM    : 56419231


Daftar Pustaka :

https://www.phiradio.net/apa-itu-game-engine/

- http://haiqal26.blogspot.com/2018/03/mengenal-software-pembuatan-game-3d.html



Comments